DK PBB Dukung Persetujuan Damai AS-Taliban

Sidang Dewan Keamanan PBB untuk resolusi mendukung kesepakatan damai AS-Taliban, Selasa, 10 Maret 2020.

Amerika Serikat memperoleh dukungan penuh dari Dewan Keamanan PBB pada Selasa (10/2) untuk kesepakatan damai yang ditandatanganinya dengan Taliban. Perjanjian damai itu akan mengakhiri perang yang sudah lama berlangsung di Afghanistan dan akan memulangkan pasukan Amerika.

Resolusi DK PBB yang disponsori AS itu “menyambut baik langkah-langkah nyata bagi pengakhiran perang dan melapangkan jalan bagi perundingan intra-Afghanistan.”

Resolusi itu juga “menyambut baik maksud dari semua pihak di Afghanistan untuk mengusahakan perundingan yang sukses bagi penyelesaian politik dan gencatan senjata permanen dan menyeluruh.”

Namun kedua pemimpin Afghanistan yang bersaing, Ashraf Ghani dan mantan mitranya, Abdullah Abdullah, masing-masing dilantik sebagai presiden baru dalam upacara terpisah pada Senin (9/3). Hal itu mengacaukan rencana perundingan itu.

Selain itu, Jenderal Marinir Frank McKenzie, panglima Amerika untuk Timur Tengah, Selasa (10/3), mengatakan di hadapan Komite Angkatan Bersenjata DPR bahwa serangan Taliban lebih banyak terjadi dan melampaui apa yang tertera dalam rencana. Dia menyarankan agar penarikan penuh pasukan Amerika ditunda apabila hal itu berlangsung terus. [jm/pp]