Erdogan Samakan Tindakan Israel dengan Kekejaman Nazi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berpidato pada acara unjuk rasa solidaritas terhadp warga Palestina di Gaza di Istanbul, hari Jumat (18/5).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hari Jumat (18/5) membandingkan tindakan Israel terhadap warga Palestina di Gaza dengan persekusi yang dilakukan Nazi terhadap orang Yahudi dalam Perang Dunia Kedua.

“Tidak ada bedanya antara kekejaman yang dihadapi orang Yahudi di Eropa 75 tahun lalu dan kebrutalan yang dialami saudara-saudara kita di Gaza,” katanya dalam KTT Organisasi Kerjasama Islam (OIC) di Istanbul.

KTT diadakan atas permintaan Erdogan menyusul pembunuhan sekitar 60 warga Palestina oleh pasukan Israel di perbatasan Israel-Gaza hari Senin (14/5).

Ia menambahkan, kepemimpinan orang-orang “yang menjadi korban semua bentuk penyiksaan dalam kamp konsentrasi semasa Perang Dunia Kedua, sekarang menyerang warga Palestina dengan cara sama seperti Nazi”.

“Saya katakan secara terbuka bahwa apa yang dilakukan Israel adalah kejahatan, kekejaman, dan teror negara,” kata Erdogan.

Sebelumnya dalam rapat umum di Istanbul, Erdogan mengatakan sebagai korban Holocaust, orang Yahudi Israel harus menghentikan tindakan pemerintah mereka terhadap orang Palestina.

“Kami berpendapat orang yang jadi korban dalam Holocaust tidak akan menyetujui kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan negara mereka sendiri” tambah Erdogan. [vm/al]