Es di Benua Antartika Terus Mencair dengan Cepat

Menurut para ilmuwan Benua Antartika semakin "hijau" akibat lapisan es yang terus mencair dengan cepat (foto: ilustrasi).

Benua Antartika terus mencair dengan kecepatan yang merisaukan, dan sejak tahun 1992 telah kehilangan tiga trilyun ton es, kata sebuah tim pakar global yang mempelajari dampak peningkatan suhu bumi di benua paling selatan itu.

Antara tahun 1992 sampai tahun 2011 Antartika telah kehilangan 76 milyar ton es tiap tahunnya, dan sejak tahun 2012, pencairan lapisan es itu telah mencapai 219 milyar ton per tahun.

Penulis utama laporan itu, Andrew Shepherd dari Universitas Leeds di Inggris mengatakan, mencairnya es di Antartika bisa menaikkan permukaan laut sampai 16 sentimeter di seluruh dunia menjelang akhir abad ini.

“Tidak ada tanda-tanda lain yang menyebabkan hilangnya lapisan es ini selain peningkatan suhu bumi,” tambahnya.

Ia mengatakan, mencairnya lapisan es itu disebabkan air laut yang semakin hangat. Lautan di bagian selatan bumi sangat dipengaruhi arus angin yang berubah-ubah, yang disebabkan peningkatan suhu bumi karena pembakaran batubara, minyak dan gas alam.

Para pakar itu mencapai kesimpulan mereka setelah mempelajari data yang dihimpun dari foto-foto satelit selama dua dasa warsa terakhir. [ii]