Foto Satelit Tunjukkan Kerusakan Dua Pangkalan Militer Iran yang Diserang Israel

  • Associated Press

Foto satelit dari Planet Labs PBC ini menunjukkan bangunan yang rusak di pangkalan militer Khojir Iran di luar Teheran, Iran, Sabtu, 26 Oktober 2024. (Planet Labs PBC via AP)

Kerusakan lainnya dapat dilihat di pangkalan militer Khojir, yang menurut para analis menyembunyikan sistem terowongan bawah tanah dan tempat produksi rudal.

Foto-foto satelit yang dianalisa kantor berita Associated Press pada Minggu (27/10) menunjukkan kerusakan dua pangkalan militer rahasia Iran, di tenggara ibu kota Teheran, yang diserang Israel pada Sabtu (26/10) dini hari waktu setempat.

Di masa lalu, para pakar telah mengaitkan satu fasilitas itu dengan program senjata nuklir Teheran dan fasilitas lainnya dengan program rudal balistik. Beberapa bangunan yang rusak berada di pangkalan militer Parchin, Iran, yang sempat dirujuk oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sebagai lokasi di mana Iran pada masa lalu melakukan uji coba bahan peledak tinggi yang dapat memicu senjata nuklir.

Iran sejak lama bersikeras bahwa program nuklirnya bertujuan damai, meskipun IAEA, badan-badan intelijen Barat dan pihak-pihak lain mengatakan bahwa hingga tahun 2003, Iran memiliki program senjata aktif.

Kerusakan lainnya dapat dilihat di pangkalan militer Khojir, yang menurut para analis menyembunyikan sistem terowongan bawah tanah dan tempat produksi rudal.

Foto satelit dari Planet Labs PBC ini menunjukkan bangunan yang rusak di pangkalan militer Parchin di luar Teheran, Iran, Minggu, 27 Oktober 2024. (Planet Labs PBC via AP)

Militer Iran tidak mengakui adanya kerusakan di Khojir maupun Parchin akibat serangan Israel pada Sabtu dini hari, meskipun mereka mengatakan serangan itu menewaskan empat tentara Iran yang bekerja di sistem pertahanan udara negara itu.

Misi Iran Untuk PBB belum menanggapi permintaan untuk berkomentar, begitu pula dengan militer Israel.

Namun Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Minggu mengatakan serangan Israel “tidak boleh dibesar-besarkan atau diremehkan,” namun ia tidak menyerukan serangan balasan segera.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara terpisah mengatakan serangan Israel “sangat merugikan” Iran dan bahwa serangan itu “mencapai semua tujuannya.”

Masih belum jelas berapa banyak lokasi yang sebenarnya menjadi target serangan Israel. Sejauh ini belum ada foto-foto kerusakan yang dirilis oleh militer Iran.

BACA JUGA: Pemimpin Tertinggi: Pemerintah Iran akan Putuskan Respons Serangan Israel

Para pejabat Iran telah mengidentifikasi daerah-daerah yang terdampak berada di provinsi Ilam, Khuzestan dan Teheran. Ladang-ladang yang terbakar dapat dilihat pada gambar-gambar satelit dari Planet Labs PBC di sekitar lokasi produksi gas alam Tange Bijar di Provinsi Ilam pada Sabtu, meskipun belum jelas apakah hal ini terkait dengan serangan tersebut. Provinsi Ilam terletak di bagian barat Iran yang berbatasan dengan Irak.

Kerusakan yang paling jelas terlihat pada gambar-gambar Planet Labs di Parchin, sekitar 40 kilometer sebelah tenggara pusat kota Teheran dekat Bendungan Mamalu. Satu bangunan tampak hancur, sementara yang lainnya terlihat rusak akibat serangan tersebut.

Di Khojir, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Teheran, kerusakan terlihat pada setidaknya dua bangunan dalam citra satelit. [em/ka]