TV Fox Menangkan Hak Siar Piala Dunia 2018 dan 2022

Presiden FIFA Joseph Blatter (foto: dok). FIFA mengumumkan bahwa jaringan TV Fox dan Telemundo memenangkan hak siar di Amerika untuk Piala Dunia 2018 dan 2022 , masing-masing dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Saluran TV Fox mengalahkan saingannya ESPN dan NBC untuk memperoleh hak penyiaran bahasa Inggris Piala Dunia tahun 2018 dan 2022.

Jaringan televisi Fox memenangkan hak siar televisi berbahasa Inggris di Amerika untuk turnamen Piala Dunia 2018 dan Piala Dunia tahun 2022.

Piala Dunia 2018 akan berlangsung di Rusia, dan Piala Dunia tahun 2022 akan digelar di Qatar. FIFA menetapkan keputusan ini setelah jaringan-jaringan TV menyerahkan penawaran mereka hari Rabu dan Kamis.

Fox dikabarkan setuju untuk membayar kepada FIFA sekitar 425 juta dolar AS untuk memiliki hak ekslusif atas paket siaran dua turnamen Piala Dunia tersebut. Hak siar yang dimiliki Fox itu juga termasuk hak siar bahasa Inggris untuk radio di Amerika.

Fox mengalahkan saingannya, ESPN dan NBC. Jaringan TV olahraga Amerika, ESPN membayar 100 juta dolar AS untuk menyiarkan pertandingan pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, dan juga memiliki hak siar untuk acara Paiala Dunia 2014 mendatang di Brasil.

Sementara, jaringan televisi Telemundo memenangkan hak siar televisi di AS untuk siaran berbahasa Spanyol, setelah sepakat membayar 600 juta dolar kepada FIFA. Telemundo, dimiliki oleh jaringan TV NBC Universal mengalahkan saingannya, Univision, yang memenangkan hak siar bahasa Spanyol untuk Piala Dunia 2010 dan 2014.

Sekitar 90 persen dari pemasukan FIFA berasal dari hak penyiaran, sponsor dan kesepakatan pemasaran terkait Piala Dunia.