Hamas Pertimbangkan Terima Resolusi PBB untuk Gencatan Senjata

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pemimpin Jihad Islam Ziyad Al Nakhalal berdiskusi tentang usual gencatan senjata sebelum mereka memberi jawaban kepada para mediator Qatar dan Mesir, di Doha, Qatar, Selasa, 11 Juni 2024. (Foto: Hamas Media Office via Reuters)

Amerika Serikat mengatakan pihaknya memberikan bantuan kemanusiaan tambahan kepada warga sipil Palestina di Gaza dan wilayah sekitarnya sebagai respons terhadap kondisi kemanusiaan yang mengenaskan. Paket bantuan tersebut datang beberapa jam sebelum Hamas menanggapi resolusi gencatan senjata PBB.

Selagi Amerika Serikat (AS) menyalurkan bantuan baru ke Gaza, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengumumkan bantuan kemanusiaan tambahan senilai lebih dari $400 juta dolar (lebih dari 6,5 triliun rupiah) untuk warga Palestina.

“Mari kita bekerja sama untuk memastikan lebih banyak bantuan masuk ke Gaza, dan begitu sampai di Gaza, maka bantuan tersebut akan sampai ke tangan orang-orang yang paling membutuhkan," kata Blinken.

Hamas mengatakan mereka menginginkan amandemen terhadap rencana gencatan senjata yang didukung oleh AS, yang antara lain menukar sandera dengan warga Palestina yang berada dalam tahanan Israel.

“Kami berusaha setiap menit untuk memulangkan semua orang," kata Blinken.

BACA JUGA: AS, Qatar, Mesir Kaji Respons Hamas Terhadap Proposal Gencatan Senjata di Gaza

Keinginan itu disampaikan beberapa jam setelah Blinken bertemu di Tel Aviv dengan anggota keluarga para sandera yang masih ditahan oleh Hamas.

“Mereka sangat gembira atas penyelamatan empat sandera beberapa hari yang lalu, tetapi mereka juga terus merasakan kesedihan mendalam karena perpisahan selamanya dengan orang-orang yang mereka cintai," ujar Blinken.

Kantor Urusan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pada Selasa (11/6) bahwa kedua pihak mungkin telah melakukan kejahatan perang sehubungan dengan penggerebekan yang membawa pulang keempat sandera tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberi keterangan pers di Tel Aviv, Israel, usai bertemu keluarga dan pendukung warga Israel yang masih disandera oleh gerakan Hamas di Gaza, Selasa, 11 Juni 2024. (Foto: Jack Guez/Pool Photo via AP)

Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan, mengatakan lebih dari 200 warga Palestina tewas dalam operasi penyelamatan yang dilakukan oleh Israel tersebut.

Hamas menyekap para sandera di dua gedung apartemen. Operasi tersebut membutuhkan dukungan dari serangan udara Israel.

Jenderal Marinir (Purnawirawan) Frank McKenzie, mantan panglima Komando Pusat AS dan penulis buku baru, "The Melting Point", mengatakan kepada VOA bahwa penggunaan perisai manusia oleh Hamas telah mempersulit operasi Israel.

“Saya pikir Israel kurang berhasil dalam upaya mengejar pimpinan senior Hamas, karena mereka memilih untuk bersembunyi bahkan ketika para pejuang mereka berperang. Dan saya yakin mereka bersembunyi jauh di bawah tanah dengan perisai sandera Israel. Dan tentu saja, para sandera yang sesungguhnya di Gaza itu bukan hanya sandera Israel, tetapi juga penduduk Gaza itu sendiri. Hamas tidak tertarik untuk memindahkan warga dari medan pertempuran," kata McKenzie.

Your browser doesn’t support HTML5

Hamas Pertimbangkan Terima Resolusi PBB untuk Gencatan Senjata

Ketika VOA bertanya mengenai akhir pertempuran yang dilakukan oleh Israel melawan Hamas, Jenderal Frank McKenzie mengatakan bahwa pertempuran itu bisa dimenangkan jika Israel dapat menyesuaikan tujuan perang yang masuk, dan tidak memerlukan pertempuran terus-menerus di dalam wilayah Gaza.

"Namun, mereka harus memastikan bahwa Hamas bukan bagian dari hal tersebut. Saya sangat bersimpati dengan pandangan Israel yang menyatakan bahwa Hamas harus dilenyapkan. Pada saat yang sama, saya pikir jika Israel menyatakan ingin memusnahkan Hamas, maka itu adalah target yang sangat tinggi karena Hamas adalah gerakan revolusioner. Jika mereka membunuh 99 pejuang Hamas, maka pejuang ke-100 akan menciptakan pertumpahan darah dan mendeklarasikan revolusi," kata McKenzie.

Jenderal McKenzie membayangkan pasukan yang dipimpin Arab dari negara-negara tetangga akan membantu menjaga perdamaian di Jalur Gaza setelah pertempuran saat ini selesai. Dan kemenangan sejati bagi Israel dan Palestina, katanya, memerlukan lebih banyak investasi global agar Gaza dapat dibangun kembali. [lt/ab]