Hindari Sampah Antariksa, 6 Astronot ISS Berlindung dalam Kapsul Penyelamat

Foto yang dirilis NASA tanggal 23 Mei 2011 ini menunjukkan Stasiun Antariksa Internasional yang diambil oleh kru ekspedisi 27 Paolo Nespoli dari Soyuz TMA-20 sebelum dilepaskan dari orbitnya (Foto: dok).

Enam astronot di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) berlindung di kapsul penyelamat ketika sepotong puing antariksa terbang terlalu dekat dan membahayakan keselamatan mereka, Sabtu (24/3).

Badan Antariksa Amerika NASA mengatakan melalui media sosial Twitter, Sabtu (24/3) bahwa peristiwa itu adalah yang ketiga kalinya bagi para awak stasiun antariksa untuk menyingkir karena sampah antariksa yang mengorbit.

Sepotong puing dari roket Rusia Cosmos 2251 yang tidak dipakai lagi diperkirakan mendekat dalam jarak 15 kilometer dari stasiun Antariksa.

Dalam jarak itu, NASA mengatakan para astronot tidak berisiko, tapi mereka melakukan evakuasi sebagai tindakan berjaga-jaga. Kapsul penyelamat itu adalah pesawat antariksa Soyuz yang digunakan oleh para astronot untuk kembali ke Bumi, baik secara rutin maupun dalam keadaan darurat.

Setelah puing tersebut berlalu dengan aman, para astronot kembali ke tugas normal mereka.