Ibu Beyonce Bangga Putrinya Dapat 4 Nominasi Grammy

Beyonce (kiri) bersama putrinya, Blue Ivy Carter (tengah) dan ibunya, Tina, menyaksikan laga bola basket NBA All-Star, di Los Angeles, 18 Februari 2018. (AP Photo/Chris Pizzello)

Beyonce mendapat nominasi Grammy paling banyak tahun ini. Sembilan nominasi termasuk lagu dan rekaman “Black Parade.”

Lagu 2020, yang masuk Top 40, dirilis pada Juneteenth, hari libur yang memperingati budak Amerika keturunan Afrika terakhir yang dibebaskan.

Tina Knowles-Lawson, ibu penyanyi Beyonce, mengatakan, dia merasa bangga Beyonce mengintegrasikan pengalaman warga kulit hitam Amerika ke dalam musik dan proyek-proyek yang dikelolanya.

“Bagi saya, saya merasa bangga sekali karena Beyonce sudah diajarkan dari usia sangat muda. Dia tumbuh dewasa dengan semua citra dari perempuan kulit hitam yang cantik, hal itu sangat penting bagi saya, agar generasi muda ini bisa merasa ada ikatan dengan asal-usul mereka," ujar Tina.

Tina Knowles Lawson, seorang perancang busana dan pebisinis, mengungkapkan hal itu dalam wawancara dengan kantor berita Associated Press, tentang dukungannya untuk Day of Empathy atau Hari Berempati, prakarsa bagi perjuangan sosial dan penegakan keadilan.

“Saya masih ingat Beyonce selalu mengatakan, ‘suatu hari saya akan punya kemampuan untuk mengatakan apa saja yang ingin saya ungkapkan. Masa itu pasti akan datang," kata perempuan berusia 67 tahun itu.

Dan memang benar, masa itu tiba, tandas Tina. Ia mengatakan bahwa Beyonce mempunyai wibawa yang cukup dan dia bicara untuk sesama kulit hitam, menunjukkan gambaran indah dan orang beranjak dewasa.

Your browser doesn’t support HTML5

Ibu Beyonce Bangga Putrinya Mendapat 4 Nominasi Grammy

Pada 2020, Beyonce merilis album visual, “Black Is King,”yang dinominasikan untuk film musik terbaik dan menonjolkan seni, musik, sejarah, dan fesyen Kulit Hitam. Lagu-lagu seperti “Brown Skin Girl” dan “Already”, semuanya berusaha mengangkat budaya dan pengalaman hidup warga Kulit Hitam.

Tina Knowles-Lawson mengatakan, Beyonce dan putrinya yang satu lagi, Solange, yang juga penyanyi, “keduanya sudah melakukan itu untuk waktu yang lama."

“Dan masih ada video-video ketika mereka mulai melakukannya, ketika mereka masih kanak-kanak, ikut kelompok tari yang menggambarkan Afrika, Mesir, dan tempat-tempat semacam itu," tuturnya.

“Jadi ini bukan hal baru untuk mereka. Kini mereka punya platform lebih besar dan lebih banyak orang yang menonton.”

Beyonce adalah perempuan penyanyi yang menerima paling banyak nominasi dalam sejarah, sebanyak 79. Dia berpeluang memenangi rekaman terbaik untuk 2020 pada acara Grammy Awards ke-63.

Acara penyerahan penghargaan itu disiarkan Minggu (14/3) malam waktu Amerika di stasiun TV CBS dan Paramount+ pada pukul 20.00 waktu pesisir timur Amerika atau pukul 07.00 WIB. [jm/ka]