Inggris Tutup Kedutaan Besar di Kairo

Tentara Mesir mengamankan Lapangan Tahrir di Kairo (28/11). Inggris menutup kedutaannya di Kairo karena meningkatnya keprihatinan masalah keamanan di Mesir.

Inggris menutup kedutaannya di Kairo karena meningkatnya keprihatinan masalah keamanan di Mesir.

Pejabat-pejabat Inggris hari Minggu (7/12) tidak memberi rincian soal ancaman atau kapan kedutaan itu akan dibuka kembali. Sebuah sumber mengatakan kepada kantor berita Reuters, seorang tersangka militan yang baru-baru ini ditangkap oleh pihak berwenang Mesir mengakui adanya rencana menarget kedutaan-kedutaan besar asing.

Kedutaan Besar Amerika di Kairo – yang berada di lokasi yang sama dengan Kedutaan Besar Inggris – tetap buka hari Minggu.

Penutupan Kedutaan Besar Inggris di Kairo ini menyusul peringatan Australia hari Sabtu (6/12) bahwa teroris mungkin berencana menyerang lokasi-lokasi wisatawan, kantor-kantor pemerintah dan kedutaan di Kairo.

Mesir telah berupaya melawan pemberontak Islamis yang menentang pemerintahan Presiden Abdel Fattah El Sissi – mantan panglima militer yang menggulingkan presiden Mohammed Morsi tahun lalu dan kemudian terpilih dalam pemilu baru.