Iran dan Negara-Negara Kuat Dunia Optimis Soal Perundingan Nuklir

Menlu Inggris William Hague (kiri), Menlu Iran Mohammad Javad Zarif dan Menlu Jerman Guido Westerwelle (kana) di Jenewa, 9 November 2013 (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan Senin malam (11/11) kedua pihak membuat kemajuan dalam dua hari perundingan yang berakhir akhir pekan lalu di Jenewa.
Para diplomat dari Iran dan sekelompok negara kuat dunia yang berusaha membatasi pengayaan uranium Iran mengatakan mereka tetap berkomitmen dan optimistis tentang tercapainya kesepakatan, meskipun saling tuding karena gagal mencapai kesepakatan dalam pertemuan terbaru mereka.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan Senin malam kedua pihak membuat kemajuan dalam dua hari perundingan yang berakhir akhir pekan lalu di Jenewa. Tetapi ia mengatakan tidak dicapainya kesepakatan disebabkan oleh perpecahan diantara yang disebut kelompok P5+1 yang mencakup Amerika Serikat, Inggris, Perancis, China, Rusia dan Jerman.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague masing-masing mengatakan kelompok mereka bersatu dalam usul mereka. Kerry mengatakan Iranlah yang tidak dapat menerima kesepakatan tersebut, dan mengatakan ia berharap kedua pihak akan mencapai persetujuan dalam waktu beberapa bulan mendatang. Perundingan akan dilanjutkan pekan depan.