Iran Puji 'Pertemuan Konstruktif' dengan UE Terkait Kesepakatan Nuklir

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif sebelum pertemuan E-3 dan Iran di gedung Europa, Brussels, 15 Mei 2018.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan dia mengadakan “pertemuan yang sangat baik dan konstruktif dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, selagi blok 28 negara itu berusaha menyelamatkan perjanjian nuklir Iran setelah pengunduran diri Amerika pekan lalu.

Zarif berbicara dengan Federica Mogherini untuk mempersiapkan pertemuan yang lebih besar Selasa nanti dengan tiga mitra Uni Eropa lainnya dalam perjanjian penting itu, yakni Jerman, Prancis dan Inggris.

Uni Eropa berharap untuk meyakinkan Iran agar terus menghormati pakta nuklir bersejarah itu.

Setelah pertemuan satu jam di markas Uni Eropa, Zarif mengatakan dia yakin kedua pihak berada di jalur yang benar untuk memastikan bahwa “kepentingan negara-negara yang masih berada dalam kesepakatan itu, khususnya Iran, akan dipertahankan dan dijamin.”'

Pekan lalu, Presiden Donald Trump mengumumkan Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan itu dan mengatakan akan memberlakukan sanksi ekonomi yang keras terhadap Iran. [lt]