Israel Ungkap Jaringan Militan yang Dioperasikan Hizbullah di Suriah

Pejuang Hizbullah berjalan di dekat tank militer di Qalamoun Barat, Suriah, 23 Agustus 2017. (Foto: dok).

Militer Israel mengatakan telah berhasil mengungkap sebuah jaringan militan yang dioperasikan Hizbullah, di dalam wilayah Suriah, di sepanjang perbatasan dengan Israel.

Pernyataan militer itu mengutip Brigadir Jenderal Amit Fisher yang memperingatkan bahwa Israel tidak akan membiarkan kelompok militan Lebanon itu membangun kubu pertahanannya dekat perbatasannya.

Pernyataan itu menyebutkan, pasukan Israel akan berusaha sedemikian rupa mengusir organisasi teroris itu. Pernyataan tersebut seolah mengisyaratkan bahwa Israel kemungkinan akan mengambil tindakan-tindakan militer baru di dalam wilayah Suriah.

Militer Israel lebih jauh mengungkapkan bahwa jaringan militan itu dioperasikan Hizbullah bersama dengan Garda Revolusi Iran. Jaringan itu, menurut mereka, menimbun senjata, mengumpulkan informasi intelijen dan merekrut warga setempat untuk melakukan serangan terhadap Israel.

Militer Israel mengatakan, agen Hizbullah bernama Ali Musa Daqduq adalah komandan jaringan itu, dan mengklaim bahwa jaringan itu beroperasi secara terpisah dari pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad. [ab]