Jelang Kaukus, Suratkabar Terkemuka di Iowa Dukung Clinton & Rubio

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan kandidat presiden dari Partai Republik Marco Rubio.

Suratkabar “Des Moines Register”, suratkabar terbesar di negara bagian yang akan melangsungkan kaukus pertama nominasi presiden Amerika pada 1 Februari mendatang, telah menyatakan dukungan pada kandidat calon presiden Partai Republik Marco Rubio dan kandidat calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton.

“Tidak ada kandidat lain yang bisa menyamai kemampuan, pengetahuan dan pengalaman Clinton,” tulis editorial suratkabar itu tentang Hillary Clinton.

Sementara bagi calon presiden Partai Republik, “Des Moines Register” merekomendasikan Marco Rubio sebagai kandidat yang bisa “memberi arah baru bagi partai,” salah seorang yang menolak sentimen kemarahan, pesimisme dan ketakutan saat ini, dan sebaliknya menekankan pada “kesempatan dan optimism.”

Tampaknya tidak ada dukungan bagi kandidat calon presiden unggulan Partai Republik, milyuner Donald Trump, setelah suratkabar itu menerbitkan editorial yang mengecam Trump Juli lalu, yang menyerukan kepadanya untuk mengakhiri “pertunjukkan omong kosong” dan mundur dari pencalonan itu.

Para pemenang kaukus Iowa tidak selamanya akan dinominasikan oleh partai pada pemilu bulan November mendatang atau bahkan memenangkan pemilu negara bagian.

Suratkabar itu mendukung Clinton ketika bertarung dalam pemilu tahun 2008, dengan mengatakan bahwa ia istimewa karena “siap untuk memimpin.” Barack Obama justru memenangkan kaukus Iowa dan Clinton berada di tempat ketiga setelah John Edwards.

Pada tahun yang sama “the Register” mendukung Senator John McCain sebagai kandidat calon presiden Partai Republik. McCain berada di tempat keempat pada kaukus Iowa, tetapi meraih nominasi partai untuk bertarung dalam pemilu, meskipun kemudian dikalahkan Barack Obama pada tahun 2008. [em]