Jenderal AS Serukan Kekuatan Tempur untuk Hadapi Agresi Rusia di Eropa

Komandan senior AS di Eropa, Jenderal Curtis Scaparrotti memberikan kesaksian di depan Komisi Angkatan Bersenjata Senat AS (5/3),

Amerika membutuhkan lebih banyak kekuatan tempur dan memusatkan perhatian untuk melawan agresi Rusia yang semakin meningkat di seluruh Eropa dan sekitarnya, demikian menurut seorang komandan senior AS di Eropa.

Dalam kesaksian di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat Selasa (5/3), Komandan senior AS di Eropa Jenderal Curtis Scaparrotti menyebut Rusia ancaman utama bagi stabilitas di Eropa dan merekomendasikan AS meningkatkan jumlah pasukan yang dikerahkan ke benua itu baik secara permanen maupun bergiliran.

BACA JUGA: Putin Bersumpah Target AS Jika Washington Kerahkan Misil di Eropa

Scaparrotti mengatakan ia sangat prihatin dengan kurangnya intelijen dan kemampuan pemantauan serta berkurangnya pengaruh di laut lepas.

"Saya sudah meminta dua lagi kapal perusak," kata Scaparrotti kepada anggota parlemen, dengan mengatakan keperluan kapal tambahan sangat penting "jika ingin tetap dominan dalam bidang maritim."

"Kita memang membutuhkan kapasitas yang lebih besar, terutama mengingat modernisasi dan pertumbuhan armada Rusia di Eropa," katanya dan menambahkan kekhawatiran yang meningkat terkait keberadaan kapal selam Rusia di perairan Eropa dan internasional. (my)