Jepang Laporkan 3 Kapal China di Perairan Sengketa

Kapal Angkatan Laut China Haijian No. 49 (depan) dan Haijian No.50 berlayar di sekitar Laut China Timur di dekat kepulauan sengketa Senkaku/Daioyu (Foto: dok). Tiga kapal pengitai China dilaporkan kembali menyeberang ke perairan teritorial Jepang di Laut China Timur sekitar pukul 09:30 pagi waktu setempat, Sabtu (22/6).

Para pejabat maritim Jepang melaporkan tiga kapal pengintai China menyeberang ke perairan teritorial Jepang di Laut China Timur sekitar pukul 09:30 pagi waktu setempat.
Petugas penjaga pantai Jepang mengatakan tiga kapal pengintai China memasuki perairan Jepang hari Sabtu (22/6) di sekitar kepulauan Senkaku yang disengketakan. Kepulauan itu dikuasai oleh Jepang dan diklaim oleh China.

Para pejabat maritim mengatakan tiga kapal menyeberang ke perairan teritorial Jepang di Laut China Timur sekitar pukul 09:30 pagi waktu setempat.

Kapal-kapal dari kedua negara telah terlibat dalam sengketa klaim selama beberapa dekade belakangan atas pulau-pulau yang kaya sumber daya itu. Kepulauan itu disebut Diaoyu oleh China.