Jepang Tuduh Kapal Perang Tiongkok Ancam Perahu AL Jepang

Kapal pengintai Tiongkok, Haijian 51 (kanan) berlayar di dekat kapal patroli pantai Jepang Akaishi di dekat kepulauan Senkaku yang dipersengketakan (4/2).

Menurut Jepang, kapal perang Tiongkok mengarahkan radar pra-tembak ke sebuah perahu Angkatan Laut Jepang di dekat kepulauan Senkaku tanggal 30 Januari lalu.
Jepang mengatakan sebuah kapal perang Tiongkok pekan lalu mengarahkan radar pra-tembak ke sebuah perahu Angkatan Laut Jepang di dekat sebuah kepulauan yang disengketakan di Laut Cina Timur.

Kementerian Pertahanan Jepang mengajukan keluhan resmi kepada Tiongkok terkait insiden tanggal 30 Januari itu, yang terbaru dalam serangkaian eskalasi berbahaya dalam pertikaian wilayah yang sudah berlangsung sejak lama antara kedua negara.

Menteri Pertahanan Itsunori Onodera hari Selasa menyebut tindakan Tiongkok itu sangat tidak normal. Ditambahkan, radar yang diarahkan terhadap perahu Jepang itu biasanya digunakan untuk memandu misil.

Meskipun tidak pernah ada bentrokan besar, Tiongkok telah berulangkali mengirim kapal patrol ke perairan dekat kepulauan yang dikelola Jepang itu. Menurut para analis, patroli itu bertujuan menunjukkan kontrol de fakto atas perairan yang disengketakan itu.