Jet Airways Setuju Beli 75 Pesawat Boeing 737 MAX

Pesawat penumpang milik Jet Airways bersiap mendarat di Bandara Internasional Indira Gandhi, di New Delhi, India, 16 April 2015.

Maskapai penerbangan India, Jet Airways, mengatakan Selasa (3/4), telah menandatangani kesepakatand dengan Boeing untuk membeli 75 peswat berbadan sempit jenis Boeing 737 MAX, Reuters dan AFP melaporkan, Rabu (4/4). Kesepakatan ini diperkirakan bernilai lebih dari $7 miliar.

Maskapai penerbangan terbesar kedua di India, dalam keterbukaan kepada bursa saham India, tidak menyebutkan apakah kesepakatan ini adalah pemesanan resmi atau baru nota kesepahaman. Jet Airways juga tidak memberi rincian model pesawat berbadan sempit yang akan dibeli.

Jumlah penumpang udara di India mengalami lonjakan karena makin banyak masyarakat kelas menengah yang memilih naik pesawat.

Pusat Penerbangan (the Centre for Aviation) yang bermarkas di Australia memperkirakan India akan mengambil alih Inggris menjadi pasar ketiga terbesar di dunia pada 2025 dan jumlah penumpang udara akan mencapai 478 juta pada 2036. [ft]