Jin, Anggota Tertua BTS, Selesaikan Wamil di Korsel

Jin, anggota band K-pop BTS, mengakhiri masa dinas wajib militer di Yeoncheon, Korea Selatan, Rabu, 12 Juni 2024. (Foto: Yonhap via Reuters)

Jin, anggota tertua dari kelompok K-pop fenomenal BTS, pada Rabu (12/6) mengakhiri wajib militernya selama 18 bulan. Ia adalah anggota pertama dari kelompok tersebut yang menyelesaikan wajib militer Korea Selatan yang menghentikan karier musik mereka untuk sementara waktu.

Jin, 31, dengan mengenakan seragam militer dan baret hitam, tampak emosional sewaktu ia memeluk rekan-rekannya di sebuah pangkalan militer di Yeoncheon, Provinsi Gyeonggi, menurut tayangan televisi.

“Saya menangis selama upacara,” kata Jin kemudian dalam tayangan langsung yang ditonton lebih dari 3 juta kali di platform fandom Weverse.

“Namun, satu tahun dan enam bulan terakhir ini sangat menyenangkan. Sungguh sangat melegakan saya bertemu dengan banyak orang yang luar biasa,” lanjutnya, seraya menyampaikan salam kepada rekan-rekannya di pangkalan militer.

Saham HYBE, label yang menaungi BTS, naik 1,01 persen pada awal perdagangan sementara indeks acuan KOSPI naik 0,35 persen.

Media Korea Selatan melaporkan beberapa anggota lain dari grup itu yang juga sedang menjalani wajib militer mengajukan cuti untuk merayakan acara tersebut. Di antara mereka terdapat rapper RM, yang menyambut Jin dengan saksofon yang melantunkan single hit BTS, Dynamite.

BACA JUGA: Empat Anggota BTS akan Mulai Wamil Pertengahan Desember

Jin adalah anggota pertama BTS yang mulai menjalani wajib militer pada Desember 2022. Empat orang terakhir anggota grup tersebut memulai wajib militer mereka pada Desember 2023. Band beranggotakan tujuh orang itu diperkirakan akan berkumpul lagi pada 2025 setelah mereka semua menyelesaikan kewajiban mereka.

Jin berencana merayakan berakhirnya wajib militernya itu dengan sebuah acara di Seoul pada Kamis (13/6), di mana ia akan menyapa fans dan menggelar pertunjukan.

Grup ini tampil pertama kali pada 13 Juni 2013, dan sejak itu menjadi wajah K-pop, salah satu ekspor budaya terbesar Kore Selatan.

Korea Selatan mewajibkan seluruh lelaki berbadan sehat yang berusia antara 18 dan 28 tahun untuk berdinas selama 18 hingga 21 bulan di militer atau layanan sosial. Namun, negara itu merevisi undang-undang pada 2020 untuk membuat para bintang K-pop yang terkenal di dunia menunda pelaksanaan wajib militer mereka hingga usia 30 tahun. [uh/ab]