Kandidat Presiden AS Bernie Sanders Batal Kampanye karena Serangan Jantung

Kandidat presiden dari Partai Demokrat A. Sen. Bernie Sanders berpidato di Comanche Nation Fair Powwow tahunan, 22 September 2019, di Lawton, Okla (Foto: AP/Gerardo

Kandidat Presiden Amerika, senator Bernie Sanders, dirawat akibat adanya penyumbatan arteri setelah mengeluh rasa sakit di dada. Dia membatalkan acara kampanyenya sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Demikian kata salah satu penasihatnya pada Rabu (2/10).

Sanders yang berusia 78 tahun berada di Las Vegas untuk berkampanye. Ia dibawa ke rumah sakit Selasa malam untuk dievaluasi.

“Ternyata dia ada penyumbatan di sebuah arteri, dan dua stent secara sukses telah dimasukkan,” kata penasihat senior Sanders, Jeff Weaver, dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Senator AS Bernie Sanders Jalani Perawatan Medis

“Senator Sanders bisa berbicara dan dalam semangat yang baik. Dia akan istirahat untuk beberapa hari berikut, kami membatalkan acara dan penampilannya sampai ada pemberitahuan selanjutnya, dan kami akan terus memberi tahu Anda tentang perkembangannya,” kata Weaver.

Sanders adalah kandidat tertua untuk nominasi Partai Demokrat. Ia berkunjung ke sebuah kebun tanaman masyarakat di Las Vegas pada Selasa malam, dan dijadwalkan memimpin pertemuan. Sanders juga hadir di sebuah forum keselamatan senjata pada Rabu.

Pembantunya tidak memberi keterangan berapa lama Sanders akan absen dari kegiatan kampanye. Kontes nominasi pertama baru akan dimulai pada 3 Februari di Iowa. Sanders adalah salah satu dari ke 12 kandidat yang dijadwalkan ikut dalam perdebatan Partai Demokrat yang ke-4 di Ohio pada 15 Oktober. [jm/pp]