Kanselir Merkel: Jerman Dukung Solusi Konstruktif bagi Krisis Teluk

Kanselir Jerman Angela Merkel (Foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan perselisihan antara Qatar dan empat negara Arab menunjukkan pentingnya kerjasama di kawasan tersebut, dan menjanjikan dukungan negaranya bagi langkah-langkah konstruktif untuk mengakhiri krisis di sana.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier (kanan) dan Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani, sebelum pertemuan di Berlin, Jumat, 7 September 2018.

Pada pembukaan forum bisnis Qatar-Jerman di Berlin, Jumat (7/9), Merkel yang berdampingan dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengatakan, krisis diplomatik Qatar dengan Bahrain, Mesir, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab buruk bagi ekonomi dan keamanan di kawasan.

Merkel mengatakan “Jerman bukan bagian dari konflik tersebut tetapi mendukung semua langkah konstruktif guna mengakhiri perselisihan itu.”

Keempat negara itu memutuskan hubungan dengan Qatar pada musim panas lalu dan juga melakukan boikot ekonomi terhadap negara tersebut.

Al Thani berterima kasih kepada Merkel atas dukungannya, dengan mengatakan Qatar menghargai sikap Jerman yang sangat etis terhadap langkah-langkah ilegal yang diambil negara-negara tetangganya itu. [uh]