Kapal AL AS Angkut Lebih Banyak Pengungsi dari Sudan ke Jeddah

  • Associated Press

Tentara AS mengawal warga negara Amerika ke kapal Angkatan Laut AS di Port Sudan, Minggu, 30 April 2023. (AP/Smowal Abdalla)

Sebuah kapal Angkatan Laut AS yang membawa pengungsi dari Sudan tiba di kota Jeddah, Arab Saudi, Senin (1/5).

Para pejabat di kerajaan itu mengatakan kapal tersebut membawa 308 pengungsi, dan media Saudi melaporkan bahwa jumlah itu termasuk 105 warga Amerika.

Sejumlah staf Kedutaan Besar AS, dengan kemeja warna merah dengan lambang negara Amerika Serikat, siap berada di pelabuhan untuk menyambut dan memberikan bantuan kepada para penumpang USNS Brunswick itu. Enam bus siap menunggu untuk membawa para pengungsi dari pelabuhan.

Warga negara Amerika diperika oleh tentara AS sebelum menaiki kapal di Port Sudan, Minggu, 30 April 2023. (AP/Smowal Abdalla)

Seorang juru bicara Armada ke-5 Angkatan Laut AS mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa Brunswick berangkat dari Port Sudan sehari sebelumnya.

Tentara Sudan dan paramiliter saingannya mengatakan pada Minggu bahwa mereka akan memperpanjang gencatan senjata kemanusiaan selama 72 jam lagi.

Keputusan tersebut mengikuti tekanan internasional untuk mengizinkan perjalanan yang aman bagi warga sipil dan bantuan, tetapi gencatan senjata yang rapuh sejauh ini tidak menghentikan bentrokan. [lt/uh]