Kapal Pesiar Taipan Rusia Berlabuh di Hong Kong

  • Associated Press

Kapal pesiar mewahsenilai lebih dari $500 juta, terlihat dari Hong Kong di luar Pelabuhan Victoria pada 7 Oktober 2022. (Foto: via AP)

Kapal pesiar mewah, yang terhubung dengan taipan Rusia Alexey Mordashov, telah berlabuh di Hong Kong minggu ini di tengah langkah pemerintah Barat untuk merebut kapal-kapal pesiar yang terkait dengan pengusaha Rusia yang terkena sanksi.

Nord, kapal pesiar besar dan super mewah bernilai lebih dari $500 juta, tiba di Hong Kong Rabu sore setelah melakukan perjalanan lebih dari seminggu dari pelabuhan terakhirnya Vladivostok, Rusia.

Mordashov adalah salah seorang miliarder terkaya Rusia, dengan kekayaan lebih dari $18 miliar, menurut perkiraan kantor berita Bloomberg. Dia adalah pemegang saham utama dan ketua Severstal, perusahaan baja dan pertambangan terbesar di Rusia. Dia terkena sanksi Amerika, Inggris, dan Uni Eropa pada Februari setelah Rusia menginvasi Ukraina. Mordashov sejak itu berusaha menantang sanksi terhadapnya di pengadilan Eropa.

BACA JUGA: Kapal Pesiar Milik Oligarki Rusia Dijual Seharga $29 Juta

Pihak berwenang Amerika dan Eropa telah menyita belasan kapal pesiar milik taipan Rusia yang terkena sanksi untuk mencegah mereka berlayar ke pelabuhan lain yang tidak terkena sanksi. Oligarki Rusia telah mulai menyandarkan kapal pesiar mereka di berbagai pelabuhan seperti Turki, yang telah mempertahankan hubungan diplomatik dengan Rusia sejak perang dimulai.

Nord, yang berukuran 141,6 meter, memiliki dua helipad, kolam renang, dan 20 kabin. Kapal pesiar itu berlayar di bawah bendera Rusia. [ka/ab]