Kelompok Islamis Tewaskan 24 Preman Nigeria

Turkish riot police clash with demonstrators who were protesting against Turkey's policy in Syria, in Istanbul, Turkey, Oct. 7, 2014.

Tersangka militan-militan Islamis menewaskan sedikitnya 24 orang anggota kelompok preman di Nigeria, Jumat (30/8).
Satuan Tugas Bersama warga sipil Nigeria di sebuah desa di perairan timur negara bagian Borno, diserbu tersangka militan, Jum’at (30/8). Tiga puluh empat orang masih dinyatakan hilang dalam insiden tersebut.

Mereka yang selamat mengatakan kepada para petugas bahwa kelompok yang beranggotakan sekitar 100 orang itu diserang oleh anggota-anggota milisi Boko Haram yang mengenakan seragam militer Nigeria.

Militer Nigeria telah mendorong pembentukan kelompok-kelompok preman untuk membantu melacak anggota-anggota milisi Boko Haram, guna mengakhiri pemberontakan ekstrimis Islam yang sudah berlangsung selama empat tahun itu.

Kelompok Islamis itu telah melakukan puluhan serangan mematikan sejak melancarkan pergolakan tahun 2009, dan dipersalahkan atas tewasnya ribuan orang. Kelompok-kelompok HAM mengatakan militer Nigeria telah menewaskan ratusan lainnya dalam serangan tanpa pandang bulu dan kejam.