Kemenlu Bantah Menlu Retno Akan ke Myanmar

  • Fathiyah Wardah

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendampingi Presiden Joko Widodo dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) virtual G20 dari Istana Kepresidenan Bogor, Minggu, 22 November 2020. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah dalam jumpa pers, Rabu (24/2), membantah laporan kantor berita Reuters yang menyebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan berkunjung ke Myanmar pada Kamis (25/2).

Saat ini, lanjut Faizasyah, Menlu Retno sedang berada di Bangkok untuk bertemu Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai

Setelah dari negara itu, tambahnya, Retno akan kembali ke Indonesia.

Menurutnya kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian diplomasi Indonesia ke negara-negara ASEAN untuk membahas atau merespons situasi politik yang terjadi di Myanmar pasca kudeta militer.

Sebelumnya, Retno juga melakukan kunjungan ke Brunai Darusalam dan Singapura.

Reuters melaporkan Menlu Indonesia berencana mengunjungi Myanmar pada Kamis (25/2).

Laporan tersebut didasarkan pada surat Kementerian Transportasi Myanmar yang menyebut Menlu Retno akan tiba di Myanmar pada Kamis, pukul 08.10 waktu setempat dan bertolak dari negara itu pada pukul 11.50 waktu setempat. [fw/ft]