Kenaikan Produksi Minyak AS Redam Harga Minyak

Seorang pekerja berjalan melewati sumur minyak di Lapangan minyak Sindbad, dekat perbatasan Irak-Iran di Basra, Irak, 23 April 2018.

Harga minyak mentah dunia turun, Kamis (3/5), terseret kenaikan produksi dan stok minyak mentah Amerika, Reuters melaporkan. Produksi minyak mentah AS yang mengelembung itu mengalahkan upaya Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk mengurangi pasokan dan menaikkan harga minyak.

Harga minyak Brent, yang menjadi acuan harga minyak dunia, turun 17 sen atau 0,2 persen dari penutupan terakhir menjadi $73,19 per barel.

Harga minyak AS, West Texas Intermediat, juga terseret turun 11 sen atau 0,2 persen menjadi $67,82 per barel.

Harga melemah setelah Badan Informasi Energi AS mengeluarkan laporan mingguan bahwa stok minyak mentah AS melonjak sebanyak 6,2 juta barel menjadi 435,96 juta barel di pekan yang berakhir pada 27 April. Angka ini adalah level tertinggi sepanjang 2018.

“Laporan (EIA) itu menunjukkan penimbunan stok minyak mentah dan bensin yang lebih banyak dari yang diperkirakan untuk pekan lalu,” kata William O’Loughlin, analis investasi dari pialang sekuritas Australia, Rivkin Securities.

Produksi minyak harian AS juga menyentuh rekor dengan naik menjadi 10,62 juta barel per hari. Kenaikan lebih dari seperempat sejak pertengah 2016.

Amerika Serikat sekarang memproduksi minyak mentah melebihi eksportir nomor satu dan Arab Saudi, produsen minyak terbesar di OPEC. [ft/au]