Ketua IAEA Desak Iran Beri Akses ke Fasilitas Militer

Direktur Badan Atom Internasional PBB (IAEA), Yukiya Amano menyerukan agar Teheran mau bekerjasama dengan IAEA dan memberi akses bagi para pengawasnya ke sebuah lokasi militer di Iran (Foto: dok).

Direktur Badan Atom Internasional PBB (IAEA), Yukiya Amano, menyerukan agar Teheran memberikan akses kepada para pengawas IAEA ke sebuah lokasi militer penting Iran dalam pertemuan di Wina (4/3).
Direktur Badan Atom Internasional PBB meningkatkan tekanan terhadap Iran untuk mencari penyelesaian yang dapat menghapus kecurigaan mengenai pembangunan senjata nuklir, dengan sekali lagi menyerukan agar Teheran memberi akses kepada para pengawas IAEA ke sebuah lokasi militer penting negara itu.

Berbicara pada pertemuan para pejabat tinggi Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) ke-35, Senin (4/3) di Wina, Yukiya Amano mengatakan bahwa tanpa kerjasama yang lebih baik dengan Iran, badan itu tidak dapat menyimpulkan bahwa semua bahan nuklir di Iran adalah untuk kegiatan damai.

Seperti halnya komentar yang disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry yang berbicara di Arab Saudi, Senin (4/3), direktur IAEA menambahkan bahwa perundingan lebih lanjut dengan Iran harus terus dilangsungkan dalam waktu terbatas.