Kunjungan Menlu AS ke Pakistan Tampaknya Tak Akan Selesaikan Kebuntuan

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo (kiri) dan Ketua Gabungan Kepala Staf AS, Jenderal Joseph Dunford akan berkunjung ke Pakistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo dijadwalkan akan mengunjungi Pakistan pada hari Rabu (5/9) ini untuk mengadakan pertemuan resmi tingkat tinggi pertama dengan para pemimpin pemerintah yang baru terpilih di Islamabad sementara hubungan bilateral telah memburuk ke titik terendah dalam tahun terakhir.

Pandangan yang lama berbeda tentang cara memerangi terorisme regional dan mengakhiri konflik mematikan yang telah berlangsung selama 17 tahun di Afghanistan terus membayangi harapan dari kunjungan untuk memecahkan kebuntuan dalam hubungan yang rumit antara Islamabad dengan Washington, meskipun keduanya secara resmi merupakan sekutu dalam upaya anti-terorisme.

Pompeo akan didampingi oleh Ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Joseph Dunford ketika ia mendarat di Pakistan, menggarisbawahi fokus pada upaya kontraterorisme Amerika dengan mitra di Asia Selatan itu.

Delegasi Amerika itu akan mengadakan negosiasi formal dengan Menteri Luar Negeri Shah Mehmood Qureshi dan timnya. Para pejabat mengatakan kepada VOA bahwa rombongan juga dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan terpisah dengan Perdana Menteri Imran Khan, yang mengambil sumpah jabatan dua minggu lalu, dan Jenderal Qamar Javed Bajwa, panglima militer Pakistan. [lt]