Larry si Kucing Downing Street Kini Bersaing dengan Kucing 'Rusia'

Larry, si Kucing Downing Street, terlihat di luar 10 Downing Street, kediaman resmi Perdana Menteri Inggris, di London pada 3 September 2024. (Foto: AFP/Henry Nicholls)

Posisi Larry, si kucing Downing Street, sebagai kepala pemburu tikus pemerintah Inggris kini terancam oleh kehadiran pesaing baru: seekor anak kucing Rusia yang menggemaskan.

Perdana Menteri Inggris yang baru, Keir Starmer, dan keluarganya pindah ke Downing Street Nomor 10 setelah berhasil mengantongi kemenangan telak pada pemilihan umum Juli. Kepindahan mereka tak hanya membawa koper, tetapi juga memboyong kucing mereka, JoJo, yang kini siap menghadapi persaingan sengit dengan Larry.

Setelah Starmer melewati proses "negosiasi" yang sengit dengan putra dan putrinya, akhirnya mereka sepakat JoJo akan memiliki teman baru, yaitu seekor "anak kucing Siberia." Padahal sebelumnya putra-putri Starmer ingin memelihara seekor anjing German Shepherd

"Kami melakukan negosiasi panjang selama musim panas, dan mengkaji berbagai opsi," kata Starmer dalam wawancara yang ditayangkan BBC pada Senin.

Larry si kucing Downing Street duduk di tangga luar nomor 10, di pusat kota London pada 30 November 2022. (Foto: AFP/Justin Tallis)

"Namun, sekarang kami memilih... seekor anak kucing, bukan seekor anjing," tambahnya.

Namun, selama 13 tahun terakhir, Larry telah memegang posisi kunci sebagai kucing utama di kediaman Perdana Menteri Inggris di pusat kota London.

Kucing belang berusia 17 tahun itu diadopsi dari lembaga penyelamatan kucing pada 2011 untuk membantu mengatasi masalah tikus di Downing Street. Namun, perdana menteri Inggris saat itu, David Cameron, mengatakan bahwa performa Larry sebenarnya kurang memuaskan.

Meskipun demikian, Larry berhasil menjadi selebrita, terutama di kalangan jurnalis. Ia bahkan memiliki akun media sosial sendiri, @Number10cat, di mana ia lebih sering tampil daripada banyak politisi.

Starmer—Perdana Menteri keenam Larry—mengungkapkan bahwa persaingan antarkucing bukanlah satu-satunya tantangan dalam memelihara hewan di Downing Street.

"Masalah yang kami hadapi, yang juga dialami JoJo si kucing, adalah bahwa satu-satunya pintu keluar dari flat baru kami tidak aman," katanya.

"Karena itu, memasang pintu kucing ternyata cukup menantang," tambahnya.

Mengingat status selebritas Larry sebagai penyintas pergolakan politik Inggris selama beberapa tahun terakhir, para pejabat bahkan telah menyusun rencana terperinci jika suatu saat dia meninggal dunia.

BACA JUGA: Semua Silih Berganti di Downing Street, kecuali Larry Si Kucing

'Larry Bridges'

Seperti halnya dengan mendiang Ratu Elizabeth II yang diberi nama sandi "London Bridge", rencana kematian Larry juga diberi nama "Larry Bridges".

Kedatangan hewan peliharaan baru Statmer disambut baik oleh Sarah Elliot, salah satu dokter hewan di lembaga amal Cats Protection.

Namun, ia juga memberikan beberapa kata nasihat kepada keluarga Starmer saat mereka berusaha mengenalkan hewan peliharaan baru tersebut.

Larry, si Kucing Downing Street, terlihat di luar 10 Downing Street, kediaman resmi Perdana Menteri Inggris, di London pada 3 September 2024. (Foto: AFP/Henry Nicholls)

"Sebagai anggota baru dari kelompok kucing yang berkembang di Downing Street, Perdana Menteri dan keluarganya perlu meluangkan waktu untuk secara bertahap memperkenalkan hewan peliharaan baru tersebut kepada JoJo dan Larry," katanya.

Ia menambahkan, "Anak kucing bisa melelahkan bagi kucing senior seperti Larry, jadi ia juga memerlukan tempat yang aman dan tenang untuk berlindung ketika energi si anak kucing terlalu banyak."

Larry sendiri pada Selasa menegaskan bahwa ia masih dominan.

"Anak kucing itu akan MELAPORKAN kepada Larry si Kucing," katanya di X, melalui admin yang mengelola akun media sosialnya. [ah/rs]