Lebih dari 1.000 Orang Ditangkap pasca Kerusuhan di Inggris

Polisi menahan seorang pengunjuk rasa anti-imigrasi di Newcastle, Inggris, 10 Agustus 2024.

Pihak berwenang Inggris kini telah menangkap lebih dari 1.000 orang setelah kerusuhan selama berhari-hari yang melibatkan kekerasan, pembakaran, dan penjarahan serta serangan rasis yang menarget Muslim dan migran, kata badan kepolisian nasional pada hari Selasa (13/8).

Kerusuhan, yang terjadi setelah pembunuhan tiga anak perempuan di kota Southport di Inggris utara itu mulai berlangsung setelah serangan 29 Juli secara keliru disalahkan pada seorang migran Muslim berdasarkan misinformasi yang beredar secara daring.

Kekerasan pecah di kota-kota di seluruh Inggris dan juga di Irlandia Utara, tetapi kerusuhan mereda sejak minggu lalu setelah upaya untuk mengidentifikasi mereka yang terlibat ditingkatkan.

Banyak yang segera dipenjara, dan sebagian menerima hukuman yang lama.

Dewan Kepala-Kepala Polisi Nasional mengatakan dalam keterangan terbarunya bahwa 1.024 orang telah ditangkap dan 575 orang didakwa di seluruh Inggris.

BACA JUGA: Seorang Perempuan Dewasa dan Anak-anak Ditikam di Leicester Square, London

Mereka yang ditangkap termasuk seorang pria berusia 69 tahun yang dituduh melakukan vandalisme di Liverpool dan seorang anak laki-laki berusia 11 tahun di Belfast.

Seorang gadis berusia 13 tahun mengaku bersalah atas kerusuhan dengan kekerasan di Pengadilan Magistrat Basingstoke, kata jaksa penuntut, setelah terlihat pada tanggal 31 Juli memukul dan menendang pintu masuk sebuah hotel untuk pencari suaka.

“Insiden yang mengkhawatirkan ini akan menyebabkan ketakutan yang nyata di antara orang-orang yang menjadi sasaran para penjahat ini – dan sangat menyedihkan bahwa seorang gadis muda seperti itu berpartisipasi dalam kerusuhan dengan kekerasan,” kata jaksa penuntut Thomas Power.

Terakhir kali terjadi kerusuhan yang meluas di Inggris adalah pada tahun 2011, ketika penembakan fatal terhadap seorang pria kulit hitam oleh polisi memicu kekerasan beberapa hari di jalan-jalan.

Tindakan hukum yang cepat dan tegas dipandang membantu meredakan kerusuhan pada tahun 2011, ketika sekitar 4.000 orang ditangkap selama beberapa minggu. [lt/jm]