López Obrador Protes Pendanaan AS untuk LSM Antikorupsi Meksiko

  • Associated Press

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador melambaikan tangan ke arah wartawan seusai menjalani pertemuan dengan kabinet keamanan di Istana Nasional di Mexico City, pada 2 Agustus 2024. (Foto: AP/Fernando Llano)

Presiden Meksiko pada Rabu (14/8) mengecam pendanaan AS untuk sebuah kelompok nirlaba antikorupsi Meksiko, dan mengatakan ia akan mengirimkan nota diplomatik kepada pemerintah AS sebagai bentuk protes.

Presiden Andrés Manuel López Obrador mengklaim kelompok tersebut adalah bagian dari oposisi konservatif, dan tidak boleh menerima dana asing atau kontribusi yang dapat dikurangi dari pajak.

Dia mempublikasikan informasi keuangan rinci tentang kelompok tersebut dan berjanji untuk mengirimkan sebuah rancangan undang-undang ke Kongres untuk mengubah aturan mengenai kontribusi yang dapat dikurangi dari pajak.

“Saya pikir ada intervensi terbuka oleh pemerintah AS dalam urusan kedaulatan Meksiko,” kata López Obrador.

Dia mengirimkan surat protes serupa pada tahun 2021, tanpa hasil yang jelas.

BACA JUGA: Penangkapan Gembong Narkoba Meksiko oleh AS Dapat Timbulkan Tuntutan Baru di Negara Asal Mereka

Menurut dokumen yang dipresentasikan pada konferensi pers pagi hari, sekitar $5 juta dana untuk kelompok tersebut dalam beberapa tahun terakhir diduga berasal dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), yang dikelola oleh Departemen Luar Negeri AS.

López Obrador telah mengeluhkan pendanaan tersebut selama bertahun-tahun dan mengatakan dia juga akan menulis surat kepada Presiden AS Joe Biden, namun dia sudah melakukannya tahun lalu.

López Obrador mengatakan dia juga akan meminta jaksa dan otoritas pajak untuk menyelidiki sumbangan tersebut.

Kelompok yang diberi nama Meksiko Melawan Korupsi dan Impunitas ini menyangkal bahwa mereka bersekutu dengan partai politik mana pun, meskipun pendirinya secara terbuka mendukung kandidat oposisi pada masa lalu. [ab/lt]