Mantan Penasihat Trump Sepakat Bantu Penyelidikan Keterlibatan Rusia

Mantan pakar strategi, Steve Bannon, tiba untuk tanya-jawab dengan Komite Intelijen DPR AS seputar keterlibatan Rusia dalam pemiliha presiden 2016, di Capitol Hill, di Washington, 16 Januari 2018.

Mantan pakar strategi Gedung Putih, Steve Bannon, telah sepakat untuk bertemu dan bekerja sama dengan penyidik khusus Robert Mueller dalam penyelidikan kasus campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016.

Media berita Amerika melaporkan tanggal wawancara dengan Steve Bannon belum ditetapkan, tetapi kesepakatan dengan penyidik khusus muncul menyusul berita, Selasa (16/1), bahwa Robert Mueller telah mengirim surat panggilan untuk memberi kesaksian dihadapan juri yang sedang menyelidiki campur tangan Rusia itu.

Steve Bannon bisa menjadi tokoh penting dalam penyelidikan Mueller dan menentukan apakah Donald Trump berkolusi dengan unsur-unsur Rusia pada saat kampanye agar dia menang dalam pemilihan presiden.

Selain itu, Steve Bannon bisa memberi penyelidik informasi dari dalam Gedung Putih apakah Trump berusaha menghambat penegakan hukum dengan memecat Direktur FBI James Comey, yang saat itu sedang memimpin penyelidikan FBI sebelum Robert Mueller. [ps/jm]