Media Pemerintah: Kapal Perusak AL Iran Tenggelam

  • Associated Press

Fregat Angkatan Laut Republik Islam Iran 'Sahand' selama latihan Angkatan Laut gabungan Iran-Rusia-China di Samudera Hindia dan Teluk Oman. (Foto: IRIB TV/AFP)

Kapal perusak angkatan laut Iran tenggelam ketika sedang diperbaiki di pelabuhan dekat Selat Hormuz, media pemerintah melaporkan pada Minggu (7/7).

Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan bahwa kapal perusak Sahand, yang sedang diperbaiki di dermaga, kehilangan keseimbangan karena infiltrasi air ke dalam tangki-tangki.

IRNA menambahkan bahwa karena perairan itu dangkal, mungkin saja kapal perusak itu bisa terangkat lagi ke permukaan.

Dilaporkan juga bahwa orang-orang yang terluka dipindahkan ke rumah sakit. Pernyataan itu tidak menjelaskan lebih lanjut.

Perlu waktu enam tahun untuk membuat dan meluncurkan Sahand ke Teluk Persia pada Desember 2018. Sahand, diambil dari nama gunung di Iran utara, dilengkapi rudal permukaan-ke-permukaan dan permukaan-ke-udara, serta persenjataan antipesawat dan radar canggih. Kapal berbobot 1.300 ton itu juga mampu menghindari radar.

Pada Januari 2018, kapal perusak angkatan laut, Damavand, tenggelam di Laut Kaspia setelah menabrak pemecah gelombang. [ka/ab]