Mendiang Senator John McCain Dimakamkan di Annapolis

Iring-iringan yang membawa jenazah Senator AS John McCain menuju Akademi Angkatan Laut Amerika di kota Annapolis, tempat pemakamannya, hari Minggu (2/9).

Jenazah Senator AS John McCain dari negara bagian Arizona dimakamkan hari Minggu (2/9) di Akademi Angkatan Laut Amerika di kota Annapolis, setelah berlangsung berbagai upacara selama lima hari untuk mengenang jasa-jasanya sebagai pahlawan perang, negarawan dunia dan patriot Amerika.

Makam McCain terletak disamping makam kawan dekatnya Laksamana Chuck Larson, yang meninggal tahun 2014. McCain dan Larson sama-sama belajar di Akademi itu pada masa muda mereka.

McCain adalah mantan pilot yang menjadi tawanan perang di Vietnam Utara selama lebih dari lima tahun dalam tahun 1960-an. Ia terakhir kali berkunjung ke Akademi itu bulan Oktober tahun lalu, dan mengatakan kepada para siswa di sana bahwa Akademi Angkatan Laut itu telah menyiapkan dirinya untuk menghadapi berbagai tantangan yang harus dihadapinya di kemudian hari.

“Saya menyadari bahwa disinilah saya mendapat kekuatan untuk mempertahankan kehormatan bangsa dalam masa-masa paling gelap dalam hidup saya. Karena itulah saya sering kembali ke sini, ke tempat di mana saya belajar untuk tetap tegar mempertahankan kehormatan bangsa Amerika.”

Sebuah upacara tertutup diadakan di Kapel akademi itu, dilanjutkan dengan prosesi menuju tempat pemakaman yang terletak di tepi sungai Severn. Ratusan orang memenuhi jalan-jalan menuju Annapolis ketika iring-iringan mobil jenazahnya lewat setelah menempuh perjalanan dari ibukota Washington di mana ia disemayamkan di Gedung Capitol dan kemudian dihormati dalam upacara kebaktian di Gereja Katedral Nasional. [ii]