Menlu AS Pompeo: Amerika Secara Hormat Berusaha Perkuat Keamanan Perbatasan dengan Rekan Setaranya dari Meksiko

Menlu AS, Mike Pompeo, kiri dan Menlu Meksiko, Luis Videgaray, tersenyum setelah berbicara dalam konferensi pers di Mexico City, Jumat, 13 Juli 2018 (foto: AP Photo/Moises Castillo)

Menlu Amerika Mike Pompeo mengatakan, dia “secara hormat berusaha memperkuat” posisi Amerika sehubungan keamanan perbatasan dalam pertemuannya dengan pemimpin-pemimpin Meksiko ketika berkunjung ke Meksiko City dan bertemu dengan presiden lama dan presiden baru Meksiko.

Pejabat Meksiko mendesak pejabat Amerika agar mempersatukan kembali keluarga imigran yang dipisahkan dari anak-anak mereka ketika melintasi perbatasan secara ilegal.

Pompeo mengatakan, setelah pembicaraan itu, Amerika berkomitmen untuk membuat kemajuan yang menjamin keamanan di kedua sisi perbatasan.

Salah satu janji kampanye presiden Trump adalah membangun dinding dengan Meksiko untuk mengurangi arus masuk imigran ilegal. Trump waktu itu mengatakan, dia akan mengupayakan agar Meksiko yang membayar untuk pembangunan dinding itu.

Pompeo mengatakan, dia dan delegasi Amerika, yang mengikut sertakan menantu Trump, Jared Kushner, dan menteri keamanan dalam negeri Kistjen Nielsen, juga membahas perdagangan dengan pejabat Meksiko. Pompeo mengatakan, penting agar Amerika dan Meksiko punya hubungan perdagangan yang kuat, adil, dan bertimbal balik, yang akan membutuhkan sebuah Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara atau NAFTA yang diperbaharui. [vm/jm]