Militan Serang Konsulat AS di Peshawar

Taliban Pakistan mengaku bertanggung jawab atas serangan yang juga melukai beberapa orang itu.

Militan Islamis hari Senin melakukan serangan bunuh diri terhadap konsulat Amerika di Peshawar, Pakistan menggunakan bom mobil dan granat, menewaskan sedikitnya lima orang.

Taliban Pakistan mengaku bertanggung jawab atas serangan yang juga melukai beberapa orang itu.

Pejabat-pejabat keamanan mengatakan militan meledakkan bom mobil di luar gedung konsulat dan melemparkan granat dan senjata lainnya ketika mereka memcoba masuk ke gedung tersebut. Polisi dengan cepat menutup wilayah itu dan berhasil menghentikan para militan itu masuk ke dalam konsulat.

Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengutuk serangan itu dan mengatakan Gedung Putih sangat prihatin dengan serangan tersebut.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Islamabad mengeluarkan pernyataan bahwa sedikit dua petugas keamanan Pakistan tewas. Belum ada laporan bahwa ada warga Amerika yang berada di antara korban yang luka ataupun tewas.

Sebelumnya, Senin pagi, pihak berwenang Pakistan mengatakan seorang tersangka pengebom bunuh diri menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai banyak lainnya dalam satu rapat politik di sebuah distrik bernama Dir Selatan.