Militer AS Tuduh Pakistan Ekspor Kekerasan ke Afghanistan

Laksamana Michael Mullen (kanan) memberikan kesaksian di hadapan komisi angkatan bersenjata Senat AS (22/9).

Laksamana Mullen menuduh badan intelijen Pakistan (ISI) memakai jaringan Haqqani sebagai 'tangan kanan' untuk beraksi di Afghanistan.

Pejabat tertinggi militer Amerika menuduh Pakistan mendukung serangan-serangan terhadap kepentingan Amerika di Afghanistan.

Ketua gabungan kepala staf, Laksamana Mike Mullen, mengatakan dalam sidang dengar keterangan di Senat Amerika bahwa jaringan Haqqani yang terkait Al-Qaeda, yang bertindak dengan dukungan agen mata-mata militer Pakistan ISI, merencanakan dan melaksanakan serangan minggu lalu terhadap Kedutaan Besar Amerika di Kabul.

Ia mengatakan ISI juga membantu serangan bom truk oleh pemberontak Haqqani terhadap pangkalan NATO di provinsi Wardak, Afghanistan tengah tanggal 10 September lalu yang melukai 77 tentara Amerika.

Mullen mengatakan badan intelijen Pakistan, ISI, menggunakan jaringan Haqqani sebagai "tangan kanan" untuk beraksi di Afghanistan melawan pasukan Afghanistan dan koalisi, dan menyatakan keprihatinan atas kekebalan hukum yang memungkinkan kelompok-kelompok ekstremis beroperasi dari Pakistan.