Militer Suriah: Dua Tentara Cedera dalam Serangan Udara Israel

Api dan asap mengepul dari kontainer yang terbakar di lokasi serangan rudal, di pelabuhan kota pesisir Latakia, Suriah, Selasa pagi, 28 Desember 2021. (Foto: SANA via AP)

Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan dua tentara cedera dalam serangan udara Israel terhadap pos-pos militernya pada Senin (2/10).

Kementerian itu mengatakan serangan udara pada Senin (2/10) malam oleh “musuh Israel” terjadi di dekat Deir al Zor, provinsi di bagian timur Suriah, tidak lama menjelang tengah malam.

Militer Israel belum berkomentar mengenai serangan udara tersebut.

Israel sesekali melancarkan serangan udara terhadap pos-pos militer Suriah selama beberapa tahun ini. Israel mengatakan itu adalah serangan balasan terhadap pasukan dukungan Iran yang dukungannya semakin besar bagi Presiden Bashar al-Assad sejak perang saudara di negara itu meletus pada tahun 2011 di tengah-tengah gerakan prodemokrasi Musim Semi Arab.

Konflik selama 12 tahun ini telah menewaskan lebih dari setengah juta orang dan memaksa jutaan orang mengungsi dari rumah mereka karena perang berubah menjadi konflik yang lebih luas, yang menarik kekuatan-kekuatan asing seperti Iran dan Rusia. [uh/ab]