Nigeria Siap Pilih Presiden, Jonathan Diperkirakan Menang

Sebuah truk di Lagos bergambar iklan kampanye bagi Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan (13/4).

Saingan utama Presiden Jonathan adalah mantan pemimpin militer Muhammadu Buhari dan Nuhu Ribadu, mantan kepala badan anti korupsi.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan diperkirakan akan memenangkan pemilu presiden di negara paling padat penduduknya di Afrika pada hari Sabtu. Jonathan akan menghadapi dua penantang utama yang gagal membentuk aliansi dalam usaha terakhir mereka yang dapat memaksa dilangsungkannya pemilu babak kedua.

Saingan utama Presiden Jonathan adalah mantan pemimpin militer Muhammadu Buhari dan Nuhu Ribadu, mantan kepala badan anti korupsi.

Jonathan berjanji akan memperbaiki ekonomi, kesehatan dan pendidikan di negara kaya minyak itu.

Buhari juga bersumpah akan memberantas korupsi dan membangun infrastruktur Nigeria, sementara Ribadu mengatakan bahwa prioritas utamanya adalah mengangkat rakyat biasa Nigeria dari kemiskinan.

Keamanan telah ditingkatkan di berbagai penjuru Nigeria hari Jumat. Pihak berwenang mengatakan, perbatasan telah ditutup dan ada kehadiran militer yang sangat kentara di berbagai penjuru negara itu sehingga mereka bisa membantu polisi bila kekerasan terjadi.

Para pejabat pemilu mengatakan Nigeria siap melangsungkan pemilu presiden hari Sabtu, setelah menunda pemilu-pemilu penting bulan ini karena masalah logistik dan kekurangan surat suara.