Partai Republik Gagal Lagi Hapus Obamacare

Senator Lindsey Graham (tengah) didampingi oleh dari kiri, Senator John Barrasco, Senator Bill Cassidy dan Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell berbicara pada wartawan saat mereka menghadapi kekalahan pasti terkait RUU Graham-Cassidy, usaha terakhir Partai Republik untuk mengganti Obamacare (foto: AP Photo/J. Scott Applewhite)

Pihak Republik pada Selasa membatalkan upaya terakhir mereka untuk menghapus dan mengganti the Affordable Care Act, atau yang lebih populer dikenal sebagai Obamacare, setelah jelas bahwa RUU itu tidak akan lolos kalau dilakukan pemungutan suara.

“Kami tidak punya suara cukup,” kata Senator Bill Cassidy dari Louisiana, salah satu penyusun RUU Graham-Cassidy, yang akan mengalihkan dana Obamacare ke negara-negara bagian dan membiarkan mereka menyusun layanan program kesehatan mereka sendiri.

Pihak Demokrat di Senat yang berupaya habis-habisan untuk melawan inisiatif Republik ini sejak Juni lalu, mengungkapkan perasaan lega dan keinginan untuk mencari solusi bipartisan untuk memperbaiki kekurangan di dalam Obamacare. [jm]