Otoritas Yunani Sita 93kg Kokaina yang Diselundupkan dari Ekuador

  • Associated Press

Peta Yunani

Otoritas Yunani mengatakan para agen cukai menyita 93 kilogram kokaina di pelabuhan di Kota Thessaloniki, di utara negara itu.

Otoritas Independen Pendapatan Umum mengatakan (Independent Authority for Public Revenue/IAPR) kokaina itu ditemukan di sebuah kapal yang berlayar dari Ekuador ke Thessaloniki membawa muatan pisang yang kemudian akan dikirim melalui jalan darat ke Romania oleh sebuah perusahaan Prancis.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Jumat (9/8), IAPR mengatkan para agen cukai memindai seebuah kontainer dengan sinar X dan menemukan 80 paket tersembunyi di dalam sistem pendingin kontainer.

"Para inspektur segera menyita narkoba itu dan kontainer dan menyerahkan obat terlarang itu kepada polisi...penyelidikan untuk melacak penerima narkoba itu berlanjut," kata IAPR dalam pernyataannya.

Menurut para pejabat, nilai kokaina itu di jalanan diperkirakan sekitar 2,9 juta euro atau setara sekitar 50.53 miliar rupiah dengan kurs saat ini.

Tahun lalu, agen bea cukai Yunani membuat penemuan serupa. Pada Mei, lebih dari 100 kilogram (220,5 pon) kokaina juga dicegat di pelabuhan Thessaloniki dan dalam pengiriman pisang dari Amerika Latin.

Pada Juni 2023, petugas penegak narkoba Yunani kembali menemukan kokaina yang disembunyikan di sebuah kontainer pengiriman yang membawa pisang dari Amerika Latin ke pelabuhan Thessaloniki.

Sekitar 161 kilogram atau 355 pon obat-obatan terlarang itu dimasukkan ke dalam kompartemen tersembunyi di dalam wadah. Hasil tangkapan tersebut diperkirakan bernilai setidaknya 3,2 juta euro atau setara 55,76 miliar rupiah.[ft]