Para Pemimpin Dunia, Veteran Peringati 70 Tahun D-Day di Perancis

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Perancis Francois Hollande berjalan melewati barisan para veteran dan hadirin dalam peringatan 70 tahun invansi D-Day di Taman Makam Pahlawan dan Tugu peringatan Normandia-Amerika di Colleville-sur-Mer (6/6).

Ratusan veteran mengambil bagian dalam upacara di Normandia, di lokasi pasukan Sekutu mendarat di pantai dalam serangan laut terbesar dalam sejarah,
Para pemimpin dunia berkumpul di Perancis untuk memperingati genap 70 tahun invasi D-Day yang menyebabkan kekalahan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Ratusan veteran mengambil bagian dalam upacara di Normandia di lokasi pasukan Sekutu mendarat di pantai dalam serangan laut terbesar dalam sejarah.

Beberapa veteran, termasuk warga Amerika Jim Martin dari satuan 101 pasukan udara, memperingati hari itu dengan menggelar peragaan lompat parasut hari Kamis (5/6).

Veteran lainnya, yang sebagian besar kini berusia 90-an, memperingati ulang tahun invasi itu dengan cara yang lebih santai, menyaksikan matahari terbit di pantai hari Jumat.

Sekitar 160.000 tentara Sekutu terjun atau mengarungi pantai Normandia pada tanggal 6 Juni 1944. Sekitar 4.500 tentara tewas pada hari itu.

Presiden Amerika Barack Obama merupakan salah satu pejabat yang akan berpidato pada upacara di Normandia itu hari Jumat (6/6).