Pasukan Rusia Lancarkan Serangan Baru di Ukraina Timur

Petugas paramedis dan layanan darurat tampak menolong seorang pria yang luka tertembak di wilayah Kharkiv, Ukraina, pada 26 Mei 2022. (Foto: AFP/Sergey Bobok)

Pasukan Rusia yang berada di wilayah timur laut Ukraina, yang sudah hampir dipukul mundur ke dekat perbatasan Rusia, tampaknya melakukan serangan baru di saat tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa perang yang sudah berusia tiga bulan itu akan berakhir dalam waktu dekat.

Pihak berwenang di Kharkiv, kota kedua terbesar di Ukraina, pada Kamis (26/5) mengatakan bahwa artileri Rusia telah menewaskan paling sedikit tujuh warga sipil dan melukai 17 orang lainnya, sementara pertempuran sengit terus berlangsung di wilayah utara dan timur di kota tersebut.

BACA JUGA: Wali Kota Kyiv: Ukraina adalah ‘Kunci Kebebasan di Dunia’

Saksi mata di Kharkiv melaporkan bahwa mereka mendengar ledakan berulang kali sementara pasukan Rusia tampaknya berusaha memperkuat posisi mereka di bagian utara kota itu.

Pasukan Rusia di dekat Kharkiv secara berangsur telah dipukul mundur dari kota menuju wilayah perbatasan Rusia menyusul serangan balasan yang dilakukan oleh pasukan Ukraina pada awal bulan ini. Tetapi sejumlah pejabat mengatakan bahwa tampaknya Moskow memutuskan untuk melancarkan serangan balik.

“Terlalu dini untuk bisa relaks,” kata Gubernur Kharkiv Oleh Synehubov. “Musuh secara jahat menyerang penduduk sipil, dan meneror mereka.”

BACA JUGA: Sanksi Ekonomi terhadap Rusia Buat Para Pelaku Ransomware Frustrasi

Pejabat Rusia belum memberi komentar atas perkembangan di Kharkiv, meskipun media sosial militer Rusia melaporkan kesuksesan yang diraih pasukan Rusia dalam melawan pasukan Ukraina, termasuk di kawasan Donbas.

Seorang pejabat pertahanan senior Amerika Serikat, pada Kamis, mengatakan meskipun terdapat laporan pertempuran yang meningkat di sekitar Kharkiv, "tidak terjadi perubahan besar" pada situasi di lapangan. [jm/ka]