Pasukan Suriah Mendekati Idlib

Alun-alun di Maaret Al-Numan di Idlib, tampak sepi, 24 Desember 2019.

Pasukan pemerintah Suriah didukung oleh pesawat tempur Rusia, telahbergerak maju ke kota yang dikuasai pemberontak di Provinsi Idlib, demikian menurut sumber lokal.

Kelompok pemantau perang di Suriah mengatakan, Rabu (25/12), serangan yang dilancarkan terhadap Maaret al-Numan di Idlib selatan telah menyebabkan banjir pengungsi ke daerah yang lebih aman di sepanjang perbatasan Suriah Turki.

The Syrian Obsevatory for Human Rights, yang memiliki peneliti di seluruh negara yang dilanda perang itu, mengatakan pasukan pemerintah Suriah berhasil merebut kendali atas puluhan desa di Idlib, menyusul pertempuran sengit di daerah itu. Serangan itu mengakibatkan puluhan orang tewas dan ribuan penduduk terpaksa mengungsi.

“Kota itu kemungkinan besar akan diserahkan kepada militer Turki dan polisi militer Rusia dalam beberapa hari berikut, mungkin dalam beberapa jam,” demikian kata Rami Abdulrahman, direktur the Syrian Observatory, kepada VOA. Ditambahkannya, pemberontak sudah tidak bisa melanjutkan pertempuran.

Sudah ada persetujuan antara Turki dan Rusia untuk mengusir semua pembrontak Islamis dari Maaret al-Numan, dan kota-kota dekat Idlib, katanya. [jm/pp]