PBB Minta Houthi Buka Akses ke Pasokan Gandum di Yaman

Tentara koalisi militer yang didukung oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab berjaga di fasilitas milik perusahaan penggilingan gandum Yaman, Red Sea Mills, di kota pelabuhan Hodeida, 22 Januari 2019.

Kepala urusan kemanusiaan PBB Mark Lowcock, Kamis (7/2), mengimbau pemberontak Houthi di Yaman untuk memperbolehkan petugas bantuan menggunakan gandum-gandum yang belum dipakai untuk mengatasi bencana kelaparan di negara itu.

Pasokan gandum, yang tidak terpakai dan terancam rusak itu, disimpan di gudang dekat pelabuhan Hodeida dan diperkirakan cukup untuk konsumsi empat juta penduduk yang dilanda kelaparan di negara itu.

PBB sudah berbulan-bulan berusaha mencegah kelaparan di negeri yang dikoyak perang itu. Lebih dari 24 juta orang atau sekitar 80 prsen penduduk Yaman memerlukan bantuan kemanusiaan. Ini termasuk hampir 10 juta orang yang berada di ambang kelaparan.

Program Pangan Sedunia saat ini menyediakan bantuan kepada hampir 10 juta penduduk Yaman tiap bulan dan sedang meningkatkan cakupan operasinya untuk mencapai 12 juta penduduk. Yaman sekarang ditimpa bencana kemanusiaan terbesar di dunia. [al]