Pejabat Kesehatan: Masyarakat Harus Hentikan Covid, Bukan Presiden AS

Para pemilih yang memakai masker wajah karena wabah Covid-19 menunggu antrean hampir empat jam untuk memberikan suara mereka selama pemungutan suara awal di AS, 29 Oktober 2020. (Foto: REUTERS/Nick Oxford)

Negara bagian Illinois melaporkan 7.538 kasus baru Covid-19 pada Rabu (4/11). Direktur kesehatan masyarakat negara bagian itu mengingatkan penduduk bahwa terlepas dari siapa yang akan menjadi pemimpin AS berikutnya, masyarakatlah yang tetap bertanggungjawab untuk menghentikan penyebaran penyakit mematikan tersebut.

Associated Press melaporkan, Kamis (5/11), jumlah kasus per hari di Iilinois mencapai angka yang tertinggi sejak pandemi melanda, dan termasuk 55 kematian tambahan.

“Siapa pun yang terpilih atau terpilih kembali sebagai presiden, tidak membebaskan salah satu dari kita dari mengambil tanggung jawab pribadi untuk mengekang penularan Covid-19,” kata Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois Dr. Ngozi Ezike. “Sekali lagi, terlepas dari penghuni 1600 Pennsylvania Ave, peran kita tidak berubah. Jadi tolong, ayo lakukan bagian kita. Dan mari saling mendorong untuk melakukan hal yang benar. "

Hal yang benar, menurut ahli kesehatan, adalah menutupi wajah di atas hidung dan mulut, menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain, dan mencuci tangan dengan benar.

Negara bagian Illionois mencatat adanya 437.556 kasus Covid-19 dan angka kematian mendekati 10 ribu, atau tepatnya 9.933.

Ada 3.761 orang dirawat di rumah sakit pada Rabu (4/11), meningkat 31 persen dalam seminggu. Pasien yang membutuhkan ventilator berjumlah 327, meningkat 36 persen dari minggu sebelumnya. [ah/au]