Pemerintah AS Hendak Gugat Undang-Undang Arizona

Holder mengatakan hari Selasa bahwa ia khawatir undang-undang itu akan disalah-gunakan.

Pemerintah federal sedang mempertimbangkan gugatan hukum atas undang-undang imigrasi negara bagian Arizona yang kontroversial. Jaksa Agung Amerika Eric Holder mengatakan hal tersebut pada hari Selasa, sembari mengutarakan kekhawatirannya bahwa UU tersebut akan disalahgunakan.

Arizona mengesahkan UU imigrasi yang bertujuan untuk menindak imigran gelap. UU yang akan mulai berlaku beberapa bulan lagi, membuat keberadaan imigran secara gelap di Amerika sebagai kejahatan. Para anggota legislatif Arizona mengatakan negara bagian Arizona perlu mengambil tindakan karena pejabat federal tidak menegakkan undang-undang yang berlaku.

Menteri Keamanan Dalam Negeri dan mantan Gubernur Arizona Janet Napolitano turut menyatakan keprihatinannya dan menyatakan UU tersebut dapat mengalihkan dana dan sumber daya dari pelacakan imigran gelap yang berbahaya.

Pemerintah Meksiko sudah memperingatkan warganya yang hendak bepergian ke Arizona. Kementerian Luar Negeri Meksiko mengatakan undang-undang tersebut mencerminkan suasana politik yang buruk bagi masyarakat imigran dan semua pengunjung dari Meksiko.