Pemerintah Somalia Tawarkan Hadiah untuk Tangkap Pimpinan Al-Shabab

Kendaraan tank milik Pasukan Pertahanan Kenya terlihat di sekitar Garissa University College di Garissa, Kenya, 2 April 2015 (Foto: dok). Pemerintah Somalia hari Kamis (9/4), menawarkan hadiah untuk penangkapan atau pembunuhan 11 pemimpin al-Shabab, termasuk pemimpin tertinggi kelompok militan itu dan pemimpin pembantaian di wilayah ini pekan lalu.

Pemerintah Somalia telah menawarkan hadiah untuk penangkapan atau pembunuhan 11 pemimpin al-Shabab, termasuk pemimpin tertinggi kelompok militan itu dan pemimpin pembantaian di Kenya pekan lalu.

Pemerintah Somalia hari Kamis (9/4), menawarkan hadiah sebesar $250 ribu untuk penangkapan atau pembunuhan pemimpin al-Shabab, Ahmed Omar Ubyed, dan $100 ribu hingga $150 ribu untuk penangkapan atau pembunuhan 10 tokoh terkemuka lainnya militan tersebut.

Juru bicara pemerintah Ridwan Haji Abdiwali memberitahu VOA bahwa di antara yang paling dicari adalah Mohamed Mohamud, yang diduga merupakan perencana serangan terhadap Universitas Garissa, Kenya. Serangan itu menewaskan 148 mahasiswa dan puluhan lagi luka-luka.

Juru bicara itu mengatakan hadiah tersebut adalah untuk penangkapan militan itu atau “informasi apapun yang menghasilkan penangkapan atau pembunuhan mereka.”

Kenya sudah menawarkan hadiah lebih dari $ 200 ribu untuk penangkapan Mohamud, yang juga bernama Dulyadeyn. Menurut PBB, pendapatan bruto per capita tahunan di Somalia tahun 2012 adalah sekitar $ 120.