Pemimpin Dunia Sampaikan Ucapan Selamat atas Kemenangan Pezeshkian dalam Pilpres Iran

Kandidat reformis Iran Masoud Pezeshkian mengangkat tinjunya saat dia tiba untuk rapat umum kampanyenya, dua hari sebelum pemilihan presiden putaran kedua di Teheran pada 3 Juli 2024. (Foto: via AFP)

Para pemimpin dunia, termasuk Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Perdana Menteri India Narendra Modi, Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menyampaikan ucapan selamat kepada Masoud Pezeshkian, tokoh reformis Iran, atas keberhasilannya memenangkan putaran kedua pemilihan presiden.

“Saya sangat mementingkan pengembangan hubungan China-Iran dan bersedia bekerja sama dengan Presiden untuk memimpin kemitraan strategis komprehensif China-Iran menuju kemajuan yang lebih dalam,” ujar Xi, sebagaimana dilaporkan kantor berita pemerintah Xinhua.

Kedua negara "memiliki sejarah panjang dalam hubungan persahabatan, dan hubungan bilateral telah berkembang dengan sehat dan stabil selama lebih dari setengah abad," kata Xi, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Presiden China Xi Jinping menghadiri KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Astana, Kazakhstan, Kamis, 4 Juli 2024. (Foto: via AP)

"Dihadapkan dengan situasi regional dan internasional yang kompleks, China dan Iran selalu saling mendukung, bekerja sama, dan terus memperkuat kepercayaan strategis satu sama lain," tambahnya.

“(Hal ini) tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara kita, tetapi juga memberikan kontribusi aktif dalam mendorong perdamaian dan stabilitas regional dan dunia,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Pemimpin Rusia Vladimir Putin, kata Kremlin pada Sabtu (6/7).

“Saya berharap masa jabatan Anda sebagai presiden akan berkontribusi pada penguatan kerja sama bilateral yang konstruktif antara masyarakat sahabat kita,” kata Putin dalam pesannya kepada Pezeshkian.

BACA JUGA: Tokoh Reformis Iran, Pezeshkian, Menangkan Pilpres

Kedua negara, yang menjadi sasaran sanksi keras Barat, dapat “mengoordinasikan upaya untuk menyelesaikan masalah internasional dengan cara yang konstruktif,” katanya.

Selain Xi dan Putin, tak ketinggalan Narendra Modi turut mengucapkan selamat kepada Pezeshkian.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat hubungan bilateral kita yang hangat dan telah lama terjalin demi kepentingan masyarakat kita dan kawasan ini,” tulis Modi di platform media sosial X.

Sementara itu, Raja Salman dan Mohammed bin Salman juga mengucapkan selamat kepada Pezeshkian atas terpilihnya dia sebagai presiden Iran, kantor berita negara SPA melaporkan pada Sabtu (6/7).

“Saya menegaskan keinginan saya untuk mengembangkan dan memperdalam hubungan antara negara dan rakyat kita serta melayani kepentingan bersama,” SPA mengutip ucapan Pangeran Mohammed bin Salman.

Pada Maret 2023, Iran dan Arab Saudi menandatangani kesepakatan bersejarah yang difasilitasi oleh China untuk memulihkan hubungan setelah bertahun-tahun sebelumnya terlibat dalam persaingan regional.

Sejak itu, para pejabat dari kedua belah pihak terus melakukan pembicaraan untuk meningkatkan hubungan. [ah]