Pemimpin Korea Selatan Ingin Sanksi Lebih Tegas terhadap Korea Utara

Presiden Korea Selatan Moon Jae saat diwawancarai Washington Post di Blue House, Seoul, Korea Selatan, 19 Juni 2017. (Foto: dok).

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan dunia seharusnya mengenakan sanksi yang lebih tegas terhadap Korea Utara, setelah uji coba rudal balistik antar-benua pertama, dan menegaskan bahwa masalah itu harus diselesaikan secara damai.

Presiden baru yang berbicara dengan bantuan seorang penerjemah itu hari Rabu (5/7) di Berlin mengatakan uji coba itu merupakan “ancaman besar dan provokasi”. Korea Utara seharusnya segera menghentikan hal ini. Moon Jae-in mengatakan seharusnya ada pertimbangan “untuk mengenakan sanksi yang lebih intensif.”

Moon Jae-in mengadakan pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel sebelum menghadiri KTT G20 di Hamburg mulai hari Jumat (7/7). Ia mengatakan, “Dalam forum KTT G20, kita melakukan pembicaraan dengan beragam wakil pemerintah, tetapi pada saat yang sama saya kira soal Korea Utara seharusnya diselesaikan dengan cara-cara damai.” [em/jm]