Pemimpin Sayap Kanan Prancis Puji Proyeksi Pemilu

Marine Le Pen, pemimpin partai sayap kanan Prancis "National Rally" berbicara di Henin-Beaumont, Minggu 30 Juni 2024.

Beberapa jajak pendapat memproyeksikan para pemilih Prancis telah mendorong partai sayap kanan "National Rally" untuk memimpin dengan kuat dalam pemilihan legislatif putaran pertama.

Proyeksi dari berbagai lembaga jajak pendapat menunjukkan partai pimpinan Marine Le Pen memiliki peluang besar untuk memenangkan mayoritas di majelis rendah parlemen untuk pertama kalinya.

Mereka memperkirakan National Rally akan meraih sekitar sepertiga suara putaran pertama, hampir dua kali lipat dari 18% suara mereka di pemilu parlemen putaran pertama pada tahun 2022.

BACA JUGA: Kemenangan Kelompok Ekstrem Kanan di Parlemen Uni Eropa Sesuai Prediksi

Berbicara pada para pendukungnya Minggu malam, Le Pen mengatakan, “Rekan-rekan senegaranya yang terkasih, demokrasi telah berbicara dan rakyat Prancis telah menempatkan National Rally dan sekutunya di posisi terdepan dan secara virtual menghabisi blok Macronis. Pertama-tama, sebagai seorang pemimpin politik, saya menyambut baik jumlah pemilih yang tinggi, yang memberikan kekuatan khusus pada hasil malam ini. Dalam pemungutan suara yang tidak ambigu, rakyat Prancis telah menunjukkan keinginan mereka untuk membuka lembaran baru setelah tujuh tahun kekuasaan yang melecehkan publik dan korosif. Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemilih dan menyambut baik hasil ini.”

Presiden Emmanuel Macron, yang tiga minggu lalu mengusulkan untuk melangsungkan pemilihan umum telah mendesak para pemilih untuk bersatu melawan kelompok-kelompok sayap kanan. [em/jm]